Jumat, 14 Agustus 2015

Kuliah Manajemen

Kuliah manajemen itu ngapain sih ? mungkin masih banyak yang bertanya-taya tentang itu. Memang kebanyakan orang masih beranggapan kalau manajemen itu yang bagian mengatur. Ya emang bener juga sih, faktanya nanti kita juga akan diajari untuk dapat engelola, mengatur, menganalisa dan memutuskan suatu permasalahan. Namun apakah hanya sebatas itu. Untuk itulah perlu mengetahui bagaimana sih kuliah manajemen itu.
manajemen sendiri dalam Wikipedia bahasa Indonesia berasal dari bahasa perancis kuno “management” yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Jadi, kuliah manajemen bisa juga diartikan kuliah mengenai tata cara mengatur. Terus apa dong yang diatur ?
Sebenarnya belajar ilmu manajemen sama halnya seperti belajar di kehidupan sekitar kita. Banyak dari kehidupan kita yang harus pandai-pandai memanajemen agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Namun , tidak semua aspek kehidupan dipelajari di ilmu manajemen. Hanya faktor-faktor tertentu saja yang krusial dan harus dibutuhkan pengetahuan labih yang dipelajari di ilmu manajemen.
dalam kuliah manajemen di perguruan tinggi terdapat 4 spesialisasi manajemen yang diajarkan. Diantaranya manejemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM, manajemen operasional. Namun tidak semua perguruan tinggi mengajarkan ke empat spesialisasi tersebut. Terkadang manajemen operasional tidak diajarkan secara khusus. Melainkan hanya perkenalan saja.
Nah, apa sih yang dipelajari di manajemen keuangan ? di manajemen keuangan tentunya mempelajari tentang kemampuan mengatur keuangan perusahaan. Seseorang yang memiliki kemampuan keuangan bertugas menganalisa laporan yang telah dibuat oleh bagian akuntansi. Dan dengan laporan inilah seorang manajemenkeuangan mampu melihat apakah perusahaan itu sehat atau tidak. Dan juga dapat membuat strategi keuangan perusahaan.
Kalo kuliah manajemen pemasaran bertugas menganalisa riset-riset pemasaran dan juga teknis pemasaran yang digunakan. Sehingga diharapkan dapat menguasai pasar yang nantinya akan dapat mempertahankan produk yang ditawarkan. Dalam manajemen pemasaran ini akan banyak diajarkan berbagai macam cara dan tekhnik pemasaran baik dari perusahaan yang sudah besar maupun yang biasa namun mempunyai omzet yang luar biasa.
Dalam Kuliah Manajemen, Manajemen SDM Biasa Disebut Juga Manajemen Personalia
Dalam sebuat perusahaan tentunya akan berhubungan dengan sumber daya manusia. Kepuasan kerja karyawan tentunya menjadi sorotan penting dalam manajemen SDM ini. Karena akan mempengaruhi juga terhadap kinerja perusahaan yang sedang dijalani.
Sedangkan untuk manajemen operasional lebih ke mengelola standarisasi mutu, gambaran proyek serta pengembangan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
Itulah sekilas mengenai kuliah manajemen yang mungkin akan di dapatkan oleh mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen.  Terus apa yang asik dalam kuliah manajemen ? karena lebih ke dalam mengatur sehingga kurang atau sedikit sekali dalam hitung-hitungan. Dalam manajemen keungan pasti, karena menyangkut laporan keuangan. Namun sebagian besar tugas menghitung sudah diambil alih oleh akuntansi. Jadi seorang manajer keuangan hanya menganalisa berdasarkan laporan akuntan. Asik bukan ?
Itulah kenapa kuliah manajemen saat ini menjadi jurusan kuliah yang paling diminati oleh para lulusan SMA ataupun yang ingin mlanjutkan studinya kembali. 

Sumber : 
Stiebbank.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar